DIdik Arif Cahyono Gokilll Brooowwww

Senin, 16 November 2015

komunikasi

Menurut Berelson dan Steiner,Komunikasi adalah proses penyampaian,hal yang di sampaikan adalah informasi, gagasan, emosi, keahlian, dan lain-lain, sedangkan cara penyampainya melalui penggunaan symbol-simbol. Symbol-simbol yang di maksud dapat berbentuk kata-kata, gambar-gambar,angka-angka dan lain-lain.
Cara komunikasi:
1.  Verbal           ->  Menggunakan bahasa lisan atau tulisan.
2.  Non Verbal    ->  Melalui gerak bahasa tubuh, bahasa isyarat
Dari uaraian  di atas memberikan gambaran bahwa komunikasi adlah suatu proses. Secara Linier,proses komunikasi sedikitnya melibatkan 4 elemen atau komponen sebagai berikut.
1)   Sumber/pengiriman pesan/komunikator, yakni seseorang atau sekelompok orang atau suatu organisasi/institusi yang mengambil inisiatif menyampaikan pesan.
2)             Pesan, berupa lambing atau tanda seperti kata-kata tertulis atau secara lisan,gambar,angka,gestura,
3)    Saluran,yakni sesuatu yang di pakai sebagai alat penyampaian/ pengiriman pesan (misalnya telepon,radio,surat,kabar,majalah, TV, gelombang udara dalam konteks komunikasi antar pribadi secara tatap muka.
4)             Penerima/komunikan,yakni seseorang atau sekelompok orang atau organisasi/institusi yabg di jadikan sasaran penerima pesan.

Di samping keempat elemen tersebut di atas. Ada tiga elemen atau factor lainya yang juga penting dalam proses komunikasi, yakni:
1.             Akibat/dampak/hasil yang terjadi pada pihak penerima/komunikan.
2.             Umpan-balik/Feedback, yakni tanggapan balik dari pihak penerima/ komunikan atas pesan yang di terimanya.
3.             Noise (gangguan), yakni factor-faktor fisik ataupun psikologis yang dapat mengganggu atau menghambat kelancaran proses komunikasi.

Menurut Denis McQuail (1987), secara umum kegiatann/proses komunikasi dalam masyarakat dapat berlangsung dalam 6 tingkatan sebagai berikut:
Ø   Komunikasi Intrapribadi, yakni proses komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang, berupa proses pengolahan informasi melaluipanca indra dan system saraf. Misalnya; berpikir, merenung, mengingat-ingat sesuatu, menulis sebuah surat , dan menggambar. Setiap manusia pada dasarnya akan selalu terlibat dalam kegiatan komunikasi intrapribadi selama proses kehidupanya.
Ø   Komunikasi antar pribadi, yaitu kegiatan komunikasi yang di lakukan secara langsung antara seseorang dengan orang lain. Misalnya percakapan secara tatap muka di antara dua orang, surat menyurat pribadi dan percakapan melalui telepon
Ø   Komunikasi dalam kelompok, yakni kegiatan komunikasi yang berlangsung di antara anggota suatu kelompok pada tingkatan ini, tiap individu yang terlibat masing-masing berkomunikasi sesuai dengan peran dan kedudukanya dalam kelompok. Pesan atau informasi  yang di komunikasikanjuga menyangkut kepentingan seluruh anggota kelompok, bukan bersifat pribadi. Misalnya; mengobrol-ngobrol dalam keluarga antara bapak,ibu,anak-anaknya,diskusi di antara warga atau kelompok karang taruna, atau kegiatan belajar mengajar yang di lakukan seseorang guru dengan murid-muridnya di dalam kelas
Ø   Komunikasi antar kelompok/asosiasi, yakni kegiatan komunikasi yang berlangsung antara suatu kelompok dengtan kelompok lainya, atau antara satu asosiasi dengan asosiasi lainya. Jumlah pelaku yang terlibat dalam komunikasi jenis ini boleh jadi hanya dua orang ataupun beberapa orang saja. Tetapi masing-masing membawakan peran dan kedudukanya sebagai wakil dari kelompok/asosiasi masing-masing. Dengan demikian pesan yang di ssampaikan menyangkut kepentingan kelompok/asosiasi. Misalnya; pertemuan antara pengurus karang taruna desa A dengan karangtaruna desa B.
Ø   Komunikasi organisasi, komunikasi organisasi mencakup kegiatan kkomunikasi dalam suatau organisasi dan komunikasi antara organisasi. Bedanaya dengan komunikasi kelompok, adalah bahwa sifat komunikasi organisasi lebih formal dan lebih mengutamakan prinsip-prinsip efisiensi dalam melakukan kegiatan komunikasinya. Misalnya; pertemuan antara direksi perusahaan A dengan para manajernya, surat menyurat antara perusahaan A dengan perusahaan B, atau pertemuan antara pimpinan perusahaan A dengan Pimpinan departemen B
Ø   Komunikasi dengan masyarakat luas, pada tingkatan ini kegiatan komunikasi di tujukana kepada masyarakat secara luas. Bentuk kegiatan komunikasinya dapat di lakukan melaluai dua cara; (1) komunikasi massa, yakni komunikasi melalui media massa seperti radio,majalh,surat kabar, dan TV, (2) langsung tanpa melalui media massa, misalnya ceramah atau pidato di lapangan terbuaka. Sifat isi pesan komunikasi yang di sampaikan menyangkut kepentingan orang banyak,tidak bersifat pribadi.

Secara umum menurut Wilbur Schramm (1974), tujuan komunikasi dapat di lihat dari dua perspektif kepentingan, yakni; kepentingan sumber/pengirim/komunikator dan kepentingan penerima /komuniakan. Dengan demikian, maka tujuan komunikasi yang ingin di capai dapat di gambarkan sebagai berikut:

Tujuan komunikasi dari
sudut kepentingan sumber
Tujuan komunikasi
dari sudut kepentingan penerima
1)      Memberikan informasi
2)      Mendidik
3)      Menyenangkan/menghibur
4)      Menganjurkan suatu tindakan/persuasi
1)      Memahami informasi
2)      Mempelajari
3)      Menikmati
4)      Menerima atau menolak anjuran

  
    
Berdasarkan pandangan Lasswell ini maka tujuan berkomunikasi dapat di jabarkan sebagai berikut:
Tujuan komunikasi dipandang dari kepentingan sosial
Tujuan komunikasi di pandang dari kepentingan individual
1)      Berbagai pengetahuan umum tentang lingkungan sekitarnya
2)      Sosialisasi peran, nilai, kebiasaan terhadap anggota-anggota baru
3)      Memberi hiburan kepada warga masyarakat, menciptakan bentuk-bentuk kesenian baru, dan lain-lain
4)      Pencapaian konsensus,mengontrol tingkah laku sosial
1)      Menguji,mempelajari dan memperoleh gambaran tentang realitas, kesempatan dan bahaya
2)      Memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk hidup bermasyrakat
3)      Menikmati hiburan, rileks, melarikan diri dari kesulitan hidup sehari-hari dan lain-lain
4)      Menentukan keputusan/pilihan, bertindak sesuai aturan sosial.


Kegitan atau upayta komunikasi yang di lakukan pihak sumber tentunya juga di harapkan menimbulkan suatu akibat atau hasil yang terjdi pada diri penerima yang sesuai dengankeinginan pihak sumber. Secara umum akibat atau hasil komunikasi ini dapat mencakup tiga aspek sebagai berikut.
ü  Aspek kognitif, yaitu yang menyangkut kesadaran dan pengetahuan. Misalnya,menjadi sadar atau ingat,menjadi tahu dan kenal
ü     Aspek afektif, yaitu menyangkut sikap atau perasaan/emosi. Misalnya sikap setuju atau tidak setuju, perasaan sedih, gembira, perasaan benci, dan menyukai.
ü  Aspek Konatif, yaitu menyangkut perilaku/tindakan. Misalnya, berbuat seperti apa yang di sarankan, atau berbuat sesuatu tidak seperti apa yang di sarankan.

1 komentar:

opaloakleaf mengatakan...

Harrah's Casino Reno Hotel and Spa - Mapyro
Find Harrah's Casino Reno Hotel and Spa in Reno NV, 당진 출장안마 United States of America 목포 출장마사지 - American Express Travel Rating: 2.9 · 영주 출장마사지 ‎14 reviews 하남 출장샵 · ‎Price 광양 출장샵 range: $$

Posting Komentar