DIdik Arif Cahyono Gokilll Brooowwww

Kamis, 12 Juni 2014

Cara bagi kelompok di dalam/di luar kelas




Berikut beberapa game edukatif yangdapat di mainkan didalam kelas.


1.     Menghitung bilangan.
a. Tujuan
    Game ini bertujuan membagi kelompok dengan cara yang adil.
b.  Peserta
     Peserta game ini terdiri atas siswa SD,SMP, dan  SMA
c.  Waktu
     Waktu yang di butuhkan  sekitar 5-10 menit (bisa lebih apabila jumlah siswa banyak).
d.  Tempat
     Game ini dapat di lakukan secara Indoor atau outdoor
e.   Perlengkapan
     Game ini tidak memebutuhkan perlengkapan.
f.    Kegiatan (langkah-langkah)
Sebelum melakukan game, kumpulkan siswa menjadi satu . lalu,lakukan langkah-langkah berikut:
1.   Minta seluruh siswa berbaris dengan rapi ( baik berbentuk lingkaran maupun berbanjar). Bila siswa sudah duduk di kursi,maka tidak perlu berdiri,cukup duduk saja.
2. Minta siswa untuk berhitung sesuai dengan jumlah kelompok yang akandi bentuk. Misalnya,ada 32 siswa dan guru ingin membaginya menjadi 8 kelompok,maka mintalah siswa untuk  berhitung 1-8,kemudian berulang kembali hingga seluruh siswa memiliki angka masing-masing.
3.  Minta siswa berkumpul dengan siswa lain yang memeiliki nomor yang sama,yaitu nomor 1 dengan nomor 1,nomor 2 dengan nomor 2,dan seterusnya.
g.   Hal- hal yang mungkin terjadi.
Siswa yang tidak memperhatikan akan salah menghitung. Guru bisa mengulang dari awal maupun meneruskanya hingga selesai menghitung.
h.  Sebaiknya,game ini hanya di gunakan untuk jumlah siswa <100 orang, agar tetap efektif saat penyebutan nomor maupun berkumpul menjadi satu.


2.     Undian berhadiah.
Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam game ini. Diantaranya ialah sebagai  berikut:
a.     Tujuan
Game ini bertujuan membentuk kelompok secara adil.
b.     Peserta
Peserta game ini adalah siswa SD,SMP,dan SMA
c.      Waktu
Game ini di lakukan paling tidak selama 15 menit.
d.     Tempat
Game ini dapat di lakukan secara Indoor atau outdoor
e.      Perlengkapan
Untuk melakukan game ini,siapkan kertas kecil sebanyak jumlah siswa,satu buah pulpen/spidol,dan satu buah kaleng/kardus.
f.       Kegiatan (langkah-langkah)
Ada beberapa langkah yang mesti di laksanakan sebelum memulai game ini. Di antaranya ialah sebagai berikut:
1)       Siapakan nomor undian terlebih dahulu.caranya, isilah kertas dengan angka. Misalnya,untuk 30 siswa yang di bagi menjadi 5 kelompok,guru perlu menyediakan kertas sejumlah 30 buah. Kemudian di masing-masing kertas tertulis angka 1,2,3,4,5 dan berulang lagi hingga ke-30 buah kertas terisi. Lalu,gulung masing-masing kertas,dan masukkan ke dalam kaleng/kardus.
2)       Selanjutnya, kumpulkan siswa dalam satu ruangan. Siswa boleh berdiri,duduk,dan lain sebagainya.
3)       Masing-masing siswa di beri undian. mintalah mereka menunggu aba-aba untuk membukanya.
4)       Kemudian,beri aba-aba siswa untuk membuka masing-masing kertasnya.
5)       Setelah itu,mintalah masing-masing siswa berkumpul dengan siswa lain yang memiliki nomor sama.
g.     Hal- hal yang mungkin terjadi
Siswa bertukar nomor dengan siswa lain saat guru tidak memperhatikanya. Solusinya,guru/pendamping perlu mengawasi denga jeli. Bila jumlah siswa banyak (<50), pastikan guru memeliki pendamping untuk membantu membagi kelompok.

3.     Sekelompok kingkong
Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam game ini. Diantaranya ialah sebagai  berikut:
a.   Tujuan
Game ini bertujuan membagi kelompok secara heterogen.
b.   Peserta
Peserta game ini terdiri atas siswa SD,SMP, dan  SMA
c.   Waktu
      Waktu yang di butuhkan  sekitar 5-10 menit (bisa lebih apabila jumlah siswa banyak).
d.  Tempat
      Game ini dapat di lakukan secara Indoor atau outdoor
e.   Perlengkapan
Dalam  Game ini perlengkapan yang di butuhkan adalah teks cerita.
f.     Kegiatan (langkah-langkah)
Ada beberapa langka-langkah yang mesti di persiapkan sebelum melalkukan game ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:
1)       Guru menyiapkan cerita tentang “sekelompok Kingkong” terlebih dahulu (contoh teks bisa di lihat di bawah)
2)       Minta setiap siswa untuk berdiri. Bila tadinya duduk,singkirkan semua kursi dan biarkan ruangan dalam keadaaan kosong.
3)       Berikut aturan main kepada siswa;
Guru membacakan sebuah cerita berjudul “sekelompok Kingkong”. Di dalam cerita itu, ada angka angka yang di sebutkan. Ketika  sebuah angka di sebut,semua siswa harus berkumpul membentuk kelompok sesuai jumlah angka yang di sebutkan. Siswa yang jumlahnya kelompoknya kurang dari pada yang di tentukan akan di beri punishment/hukuman.
4)       Guru mulai membacakan cerita sesuai dengan teks. Contoh, teks untuk jumlah siswa 30 dan akan di bagi menjadi 5 kelompok,sehingga masing-masing kelompok terdiri atas 6 orang sebagaimana berikut:
Di sebuah hutan yang damai dan tenteram. Tinggalllah… 3 ekor harimau. Harimau sangat takut sekali dengan …buaya. Tetapi,hal itu tidak masalh karena buaya jalanya lambat,sedangkan harimau cepat. Pada suatu hari,7 ekor gajah dating di kediaman harimau. Gajah dating bersama dengan.. 3 ekor anaknya. Gajah menantang harimau untuk melawan buaya. Harimau stuju dan dating ke kediaman buaya. Begitu sampai disana,hari mau sangat kaget. Ternyata,buaya memiliki bala tentara lain,yaitu 6 ekor kingkong
Beri jeda dan penekanan saat mengucapkan kata-kata kunci, misalnya mengucapkan kata 3,6 atau 7.
5)       Bila telah sampai pada akhir cerita,maka kelompok yang terbentuk itulah yang menjadi kelompok dari permainan selanjutnya.

4.     Nama Tokoh
Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam game ini. Diantaranya ialah sebagai  berikut:
a.     Tujuan
Game ini bertujuan membagi kelompok secara heterogen.
b.     Peserta
Peserta game ini terdiri atas siswa SD,SMP, dan  SMA
c.      Waktu
Waktu yang di butuhkan  sekitar 15-20 menit
d.     Tempat
Game ini di laksanakan dalam Indoor atau ruangan
e.      Perlengkapan
f.       Perlengkapan yang di butuhkan dalam game ini adalah gulungan kertas berisi nama tokoh-tokoh dalam novel,film,dan lain sebagainya.
g.     Kegiatan (langkah-langkah)
Berikut beberapa langkah yang mesti di persiapkan sebelum melakukan game ini:
1)    Guru terlebih dahulu membuat daftar nama tokoh-tokoh. Misalnya, kelompok OVJ (opera van java), maka tulisan di dalam gulungan kertas adalah sule,aziz,nunung,parto,andry dan lain-lain.
2)    Lalu, minta siswa untuk mengambil seriap gulungan kertas.
3)    Kemudian, minta siswa untuk mencari pasangan dari namanya dengan siswa lainya.
4)    Selanjutnya,kelompok yang terbentuk dapat di jadikan kelompok atau permainan selanjutnya.

5.     Berputar dan berkumpul
Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam game ini. Diantaranya ialah sebagai  berikut:
a.     Tujuan
Game ini bertujuan membagi kelompok secara heterogen.
b.     Peserta
Peserta game ini terdiri atas siswa SD,SMP, dan  SMA
c.      Waktu
Waktu yang di butuhkan  sekitar 15-20 menit
d.     Tempat
Game ini di laksanakan dalam outdoor atau ruangan luas
e.      Perlengkapan
Perlengkapan yang di butuhkan dalam game ini adalah peluit.
f.       Kegiatan (langkah-langkah)
Berikut beberpa langkah yang harus di persiapkan sebelum memulai game ini.
1)       Minta siswa untuk membuat lingkaran besar,sedangkan guru berada di tengahnya.
2)       Guru memberikan aturan main dengan cara, setiap siswa bernyanyi sambil berjalan berputar dalam lingkaran besar. Lagu yang di nyayikan adalah lagu  anak-anak yang akrab, misalnya “balonku”,”Bintang kecil” dan lain sebagainya. Setiap peluit di tiup, guru akan mengangkat tangan membentuk angka dengan jarinya, misalnya 6,5,7. Kemudian, setiap siswa berkelompok sesuai dengan angka yang di bentuk. Bagi yang tidak mendapat kelompok akan maju menemani guru, tetapi tetap mengikuti permainan dan berkelompok ketika peluit berbunyi.
3)       Guru meminta siswa untuk hadap kanan
4)       Selanjutnya permainan di mulai
5)       Permainan di akhiri setelah 4-5 kali menyanyikan lagu.
6)       Kelompok yang terakhir terbrntuk menjadi kelompok untuk permainan selanjutnya.

















1 komentar:

MGMP PAI mengatakan...

Trima kasih...buat dpraktikkan

Posting Komentar