Berikut beberapa game edukatif yangdapat di mainkan didalam kelas.
1. Menghitung
bilangan.
a. Tujuan
Game ini bertujuan membagi kelompok dengan cara yang adil.
Game ini bertujuan membagi kelompok dengan cara yang adil.
b. Peserta
Peserta game ini terdiri atas siswa SD,SMP, dan SMA
Peserta game ini terdiri atas siswa SD,SMP, dan SMA
c. Waktu
Waktu yang di butuhkan sekitar 5-10 menit (bisa lebih apabila jumlah siswa banyak).
Waktu yang di butuhkan sekitar 5-10 menit (bisa lebih apabila jumlah siswa banyak).
d. Tempat
Game ini dapat di lakukan secara Indoor atau outdoor
Game ini dapat di lakukan secara Indoor atau outdoor
e. Perlengkapan
Game ini tidak memebutuhkan perlengkapan.
Game ini tidak memebutuhkan perlengkapan.
f. Kegiatan
(langkah-langkah)
Sebelum melakukan game, kumpulkan siswa
menjadi satu . lalu,lakukan langkah-langkah berikut:
1. Minta
seluruh siswa berbaris dengan rapi ( baik berbentuk lingkaran maupun
berbanjar). Bila siswa sudah duduk di kursi,maka tidak perlu berdiri,cukup
duduk saja.
2. Minta
siswa untuk berhitung sesuai dengan jumlah kelompok yang akandi bentuk.
Misalnya,ada 32 siswa dan guru ingin membaginya menjadi 8 kelompok,maka
mintalah siswa untuk berhitung
1-8,kemudian berulang kembali hingga seluruh siswa memiliki angka
masing-masing.
3. Minta
siswa berkumpul dengan siswa lain yang memeiliki nomor yang sama,yaitu nomor 1
dengan nomor 1,nomor 2 dengan nomor 2,dan seterusnya.
g. Hal-
hal yang mungkin terjadi.
Siswa yang tidak memperhatikan akan
salah menghitung. Guru bisa mengulang dari awal maupun meneruskanya hingga
selesai menghitung.
h. Sebaiknya,game
ini hanya di gunakan untuk jumlah siswa <100 orang, agar tetap efektif saat
penyebutan nomor maupun berkumpul menjadi satu.
2. Undian
berhadiah.
Ada beberapa hal yang harus di perhatikan
dalam game ini. Diantaranya ialah sebagai
berikut:
a. Tujuan
Game ini bertujuan membentuk kelompok
secara adil.
b. Peserta
Peserta game ini adalah siswa SD,SMP,dan
SMA
c. Waktu
Game ini di lakukan paling tidak selama
15 menit.
d. Tempat
Game ini dapat di lakukan secara Indoor atau outdoor
e. Perlengkapan
Untuk melakukan game ini,siapkan kertas
kecil sebanyak jumlah siswa,satu buah pulpen/spidol,dan satu buah
kaleng/kardus.
f. Kegiatan
(langkah-langkah)
Ada beberapa langkah yang mesti di
laksanakan sebelum memulai game ini. Di antaranya ialah sebagai berikut:
1) Siapakan
nomor undian terlebih dahulu.caranya, isilah kertas dengan angka.
Misalnya,untuk 30 siswa yang di bagi menjadi 5 kelompok,guru perlu menyediakan
kertas sejumlah 30 buah. Kemudian di masing-masing kertas tertulis angka
1,2,3,4,5 dan berulang lagi hingga ke-30 buah kertas terisi. Lalu,gulung
masing-masing kertas,dan masukkan ke dalam kaleng/kardus.
2) Selanjutnya,
kumpulkan siswa dalam satu ruangan. Siswa boleh berdiri,duduk,dan lain
sebagainya.
3) Masing-masing
siswa di beri undian. mintalah mereka menunggu aba-aba untuk membukanya.
4) Kemudian,beri
aba-aba siswa untuk membuka masing-masing kertasnya.
5) Setelah
itu,mintalah masing-masing siswa berkumpul dengan siswa lain yang memiliki
nomor sama.
g. Hal-
hal yang mungkin terjadi
Siswa bertukar nomor dengan siswa lain
saat guru tidak memperhatikanya. Solusinya,guru/pendamping perlu mengawasi
denga jeli. Bila jumlah siswa banyak (<50), pastikan guru memeliki
pendamping untuk membantu membagi kelompok.
3. Sekelompok
kingkong
Ada beberapa hal yang harus di
perhatikan dalam game ini. Diantaranya ialah sebagai berikut:
a. Tujuan
Game ini bertujuan membagi kelompok secara
heterogen.
b. Peserta
Peserta game ini terdiri atas siswa
SD,SMP, dan SMA
c. Waktu
Waktu yang di butuhkan sekitar 5-10 menit (bisa lebih apabila jumlah
siswa banyak).
d. Tempat
Game ini dapat di lakukan secara Indoor atau outdoor
e. Perlengkapan
Dalam
Game ini perlengkapan yang di butuhkan adalah teks cerita.
f. Kegiatan
(langkah-langkah)
Ada beberapa langka-langkah yang mesti
di persiapkan sebelum melalkukan game ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:
1) Guru
menyiapkan cerita tentang “sekelompok Kingkong” terlebih dahulu (contoh teks
bisa di lihat di bawah)
2) Minta
setiap siswa untuk berdiri. Bila tadinya duduk,singkirkan semua kursi dan
biarkan ruangan dalam keadaaan kosong.
3) Berikut
aturan main kepada siswa;
Guru membacakan sebuah cerita berjudul
“sekelompok Kingkong”. Di dalam cerita itu, ada angka angka yang di sebutkan.
Ketika sebuah angka di sebut,semua siswa
harus berkumpul membentuk kelompok sesuai jumlah angka yang di sebutkan. Siswa
yang jumlahnya kelompoknya kurang dari pada yang di tentukan akan di beri punishment/hukuman.
4) Guru
mulai membacakan cerita sesuai dengan teks. Contoh, teks untuk jumlah siswa 30
dan akan di bagi menjadi 5 kelompok,sehingga masing-masing kelompok terdiri
atas 6 orang sebagaimana berikut:
Di
sebuah hutan yang damai dan tenteram. Tinggalllah… 3 ekor harimau. Harimau
sangat takut sekali dengan …buaya. Tetapi,hal itu tidak masalh karena buaya
jalanya lambat,sedangkan harimau cepat. Pada suatu hari,7 ekor gajah dating di
kediaman harimau. Gajah dating bersama dengan.. 3 ekor anaknya. Gajah menantang
harimau untuk melawan buaya. Harimau stuju dan dating ke kediaman buaya. Begitu
sampai disana,hari mau sangat kaget. Ternyata,buaya memiliki bala tentara
lain,yaitu 6 ekor kingkong
Beri jeda dan penekanan saat mengucapkan
kata-kata kunci, misalnya mengucapkan kata 3,6 atau 7.
5) Bila
telah sampai pada akhir cerita,maka kelompok yang terbentuk itulah yang menjadi
kelompok dari permainan selanjutnya.
4. Nama
Tokoh
Ada beberapa hal yang harus di
perhatikan dalam game ini. Diantaranya ialah sebagai berikut:
a. Tujuan
Game ini bertujuan membagi kelompok secara
heterogen.
b. Peserta
Peserta game ini terdiri atas siswa
SD,SMP, dan SMA
c. Waktu
Waktu yang di butuhkan sekitar 15-20 menit
d. Tempat
Game ini di laksanakan dalam Indoor atau ruangan
e. Perlengkapan
f. Perlengkapan
yang di butuhkan dalam game ini adalah gulungan kertas berisi nama tokoh-tokoh
dalam novel,film,dan lain sebagainya.
g. Kegiatan
(langkah-langkah)
Berikut beberapa langkah yang mesti di
persiapkan sebelum melakukan game ini:
1) Guru
terlebih dahulu membuat daftar nama tokoh-tokoh. Misalnya, kelompok OVJ (opera
van java), maka tulisan di dalam gulungan kertas adalah
sule,aziz,nunung,parto,andry dan lain-lain.
2) Lalu,
minta siswa untuk mengambil seriap gulungan kertas.
3) Kemudian,
minta siswa untuk mencari pasangan dari namanya dengan siswa lainya.
4) Selanjutnya,kelompok
yang terbentuk dapat di jadikan kelompok atau permainan selanjutnya.
5. Berputar
dan berkumpul
Ada beberapa hal yang harus di
perhatikan dalam game ini. Diantaranya ialah sebagai berikut:
a. Tujuan
Game ini bertujuan membagi kelompok secara
heterogen.
b. Peserta
Peserta game ini terdiri atas siswa
SD,SMP, dan SMA
c. Waktu
Waktu yang di butuhkan sekitar 15-20 menit
d. Tempat
Game ini di laksanakan dalam outdoor atau ruangan luas
e. Perlengkapan
Perlengkapan yang di butuhkan dalam game
ini adalah peluit.
f. Kegiatan
(langkah-langkah)
Berikut beberpa langkah yang harus di
persiapkan sebelum memulai game ini.
1) Minta
siswa untuk membuat lingkaran besar,sedangkan guru berada di tengahnya.
2) Guru
memberikan aturan main dengan cara, setiap siswa bernyanyi sambil berjalan
berputar dalam lingkaran besar. Lagu yang di nyayikan adalah lagu anak-anak yang akrab, misalnya
“balonku”,”Bintang kecil” dan lain sebagainya. Setiap peluit di tiup, guru akan
mengangkat tangan membentuk angka dengan jarinya, misalnya 6,5,7. Kemudian, setiap
siswa berkelompok sesuai dengan angka yang di bentuk. Bagi yang tidak mendapat
kelompok akan maju menemani guru, tetapi tetap mengikuti permainan dan
berkelompok ketika peluit berbunyi.
3) Guru
meminta siswa untuk hadap kanan
4) Selanjutnya
permainan di mulai
5) Permainan
di akhiri setelah 4-5 kali menyanyikan lagu.
6) Kelompok
yang terakhir terbrntuk menjadi kelompok untuk permainan selanjutnya.
1 komentar:
Trima kasih...buat dpraktikkan
Posting Komentar